ASAL NAMA KOESWOYO

Saat ini kita memasuki bulan Juli, bulan ketujuh dalam hitungan Masehi. Pada bulan ini kita akan memperingati hari lahir Koes Bersaudara. Jarang sekali diperingati, selama ini kita hanya mengenal ulang tahun Koes Plus. Bahkan beberapa tahun yang lalu, sempat beredar album memperingati ulang tahun Koes Plus. Saat ini kami akan mencoba sedikit mengungkap suatu hal yang unik di balik nama-nama populer personel Koes Bersaudara.

Sebagaimana telah kita ketahui bersama, personel Koes Bersaudara yaitu Tonny Koeswoyo, Nomo Koeswoyo, Yon Koeswoyo dan Yok Koeswoyo. Bisa juga ditambahkan dengan John Koeswoyo. Nama asli mereka pun sebagian dari kita sudah paham, yaitu Koesdjono ( John K. ), Koestono ( Tonny K. ), Koesnomo ( Nomo K. ), Koesyono ( Yon K.) dan Koesroyo ( Yok K. ). Dengan sedikit pemahaman, lalu kita menyimpulkan bahwa itu hanya nama populer. Karena kelima bersaudara ini terjun ke dunia artis musik maka mereka mengganti nama supaya lebih mudah dikenal. Boleh saja ada anggapan seperti itu, namun ternyata ada kisah nyata yang unik di balik nama-nama yang saat ini sudah populer di telinga kita itu.

Dalam suatu perbincangan, John Koeswoyo menuturkan bahwa dulu banyak teman-teman masa kecil mereka yang keliru menyebut nama. Seperti biasa anak kecil yang mengunjungi rumah teman, banyak diantara teman-teman mereka kala itu memanggil dengan sebutan yang diambil dari nama depan. Sebagai contoh, Koestono. Karena nama depannya adalah Koes, maka ketika teman-temannya datang mereka berteriak memanggil dengan sebutan “ Koes…Koes…Koes…”. Namun karena kelima anak laki-laki ini semua memiliki nama depan Koes, maka yang keluar ya mereka berlima. John sebagai kakak tertua sempat menegur anak-anak yang memanggil itu “ Yang kamu cari Koes siapa…karena di sini semua ya pakai nama Koes…”. Berkali-kali seperti itu, lama-lama ya capek juga. Akhirnya mereka berlima berunding bersama untuk “memecahkan masalah “ ini.

Pandangan negara-negara barat menjadi acuan mereka. Mereka melihat di barat ada klan Muller, yang dipakai pada beberapa nama bersaudara. Misalkan saja ada Hans Muller, Gerald Muller, atau George Muller. Semuanya memakai nama keluarga Muller namun berbeda orangnya. Muller dijadikan nama keluarga yang terletak di belakang nama panggilan mereka. Akhirnya kelima pria ini sepakat menjadikan nama ayah mereka yaitu Koeswoyo, sebagai nama keluarga. Singkat cerita, sambil memilih nama depan yang pas untuk masing-masing jadilah John Koeswoyo, Tonny Koeswoyo, Nomo Koeswoyo, Yon Koeswoyo dan Yok Koeswoyo sebagai nama panggilan baru mereka. Simple saja, Tonny Koeswoyo artinya Tonny anak keluarga Koeswoyo.

Dengan nama baru tersebut, tidak ada lagi teman mereka yang harus kebingungan membedakan kelima Koes ini. Unik, menggelikan namun bermakna dan familiar bagi kita saat ini.
Itulah sedikit yang bisa kami bagikan seputar nama populer personel Koes Bersaudara ini. Ada banyak nama berawal Koes di pulau Jawa ini, namun ketika dihubungkan dengan Koes Bersaudara tentu tidak ada nama lain selain Koeswoyo bersaudara ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 362 pengikut lainnya.